Minggu, 05 Juni 2016

Contoh Daftar isi yang baik dan benar



Contoh Daftar isi yang baik dan benar

DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL....................................................................................... i
PERNYATAAN ORIGINALITAS DAN PUBLIKSI..................................   ii
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................   iii
ABSTRAKSI...................................................................................................   iv
KATA PENGANTAR.....................................................................................   v
DAFTAR ISI....................................................................................................   vii
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................   x
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................   xvi
DAFTAR TABEL............................................................................................   xvii
BAB 1. PENDAHULUAN.............................................................................   1
1.1  Latar Belakang......................................................................................   1
1.2  Batasan Masalah...................................................................................   2
1.3  Tujuan Penulisan...................................................................................   3
1.4  Metode Penelitian.................................................................................   3
1.4.1 Tahap Perencanaan......................................................................   3
1.4.2 Tahap Perencanaan Aplikasi........................................................   3
1.4.3 Tahap Implementasi.....................................................................   4
1.4.4 Tahap Uji Coba............................................................................   4
1.5 Sistematika Penulisan...........................................................................   4
BAB 2. Tinjauan Pustaka.................................................................................   6
2.1 Pengertian Multimedia Interaktif.........................................................   6
2.2 Komponen Mulitimedia........................................................................   7
2.3 Adobe Flash CS6..................................................................................   8
2.3.1 Scrin Pada Adobe Flash CS6......................................................   9
2.3.2 Komponen Pada Adobe Flash CS6.............................................   10
2.4 Action Script.........................................................................................   15
2.5 Adobe Photoshop CS6.........................................................................   17
           2.5.1 Tool..............................................................................................   17
2.6 Struktur Navigasi..................................................................................   20
2.6.1 Struktur Navigasi linier................................................................   20
2.6.2 Struktur Navigasi Non Linier......................................................   20
2.6.3 Struktur Navigasi Hirarki.............................................................   21
2.6.4 Struktur Navigasi Campuran (Composit)....................................   21
BAB 3 PEMBAHASAN.................................................................................   22
3.1 Gambar Umum Aplikasi.......................................................................   22
3.2 Struktur Navigasi..................................................................................   22
3.3 Rancangan Antar Muka........................................................................   25
3.3.1 Halaman Rancangan Loading Pertama........................................   25
3.3.2 Halaman Rancangan Pengenalan Aplikasi...................................   26
3.3.3 Halaman Rancangan Menu Utama..............................................   27
3.3.4 Halaman Rancangan Menu Unsur...............................................   28
3.3.5 Halaman Rancangan Contoh Unsur............................................   29
3.3.6 Halaman Rancangan Informasi Contoh Unsur............................   30
3.3.7 Halaman Rancangan Menu Senyawa..........................................   31
3.3.8 Halaman Rancangan Contoh Senyawa........................................   32
3.3.9 Halaman Rancangan Menu Campuran........................................   33
3.3.10 Halaman Rancangan Contoh Campuran....................................   34
3.3.11 Halaman Rancangan Contoh Campuran Homogen...................   35
3.3.12 Halaman Rancangan Contoh Campuran Heterogen..................   36
3.3.13 Halaman Rancangan Login Kuis...............................................   37
3.3.14 Halaman Rancangan Soal Kuis..................................................   38
3.3.15 Halaman Rancangan Nilai Kuis.................................................   39
3.3.16 Halaman Rancangan Menu Tutorial..........................................   40
3.3.17 Halaman Rancangan Profil Penulis............................................   41
3.4 Pembuatan Aplikasi..............................................................................   42
3.4.1 Halaman Loading 1.....................................................................   42
3.4.2 Halaman Pengenalan Aplikasi.....................................................   44
3.4.3 Halaman Loading 2.....................................................................   46
3.4.4 Halaman Menu Utama.................................................................   48
3.4.5 Halaman Menu Unsur..................................................................   57
3.4.6 Halaman Contoh Unsur...............................................................   61
3.4.7 Halaman Informasi Contoh Unsur...............................................   65
3.4.8 Halaman Menu Senyawa.............................................................   67
3.4.9 Halaman Contoh Senyawa..........................................................   70
3.4.10 Halaman Struktur Senyawa.......................................................   73
3.4.11 Halaman Animasi Senyawa.......................................................   75
3.4.12 Halaman Menu Campuran.........................................................   79
3.4.13 Halaman Contoh Campuran......................................................   83
3.4.14 Halaman Campuran Homogenn Dan Heterogen.......................   85
3.4.15 Halaman Login Kuis..................................................................   88
3.4.16 Halaman Soal.............................................................................   91
3.2.17 Halaman Hasil Nilai...................................................................   94
3.2.18 Halaman Tutorial.......................................................................   96
3.4.19 Halaman Profil Penulis..............................................................   97
3.4.20 Menu Exit..................................................................................   98
3.4.21 Tampilan Timeline Aplikasi.......................................................   98
3.5 Spesifikasi Hardware Dan Software....................................................   98
3.6 Hasil Pengujian.....................................................................................   99
3.7 Hasil Tanggapan Responden................................................................   99
BAB 4 PENUTUP...........................................................................................   101
4.1 Kesimpulan...........................................................................................   101
4.2 Saran.....................................................................................................   101
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................   102
LAMPIRAN.....................................................................................................  
Lampiran Listing Program..........................................................................   L-1
Lampiran Output........................................................................................   L-18
Lampiran Data Responden.........................................................................   L-53
Lampiran Soal.............................................................................................   L-56


Fungsi Dari Aplikasi Adobe Photoshop : Tool Toolbox Layer

Fungsi Dari Aplikasi Adobe Photoshop : Tool Toolbox Layer

:
Fungsi utama dari Adobe Photoshop hanyalah sebagai aplikasi pengedit foto atau gambar yang bertipe raster atau bitmap. Namun sebagai aplikasi pengedit gambar, fungsi Photoshop dapat dijabarkan lebih khusus lagi, yaitu untuk mempercantik gambar, merekayasa gambar, dan membuat desain gambar.

Fungsi Photoshop untuk mempercantik gambar adalah dengan cara menghaluskan atau membersihkan objek, dimana hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar gambar terlihat lebih indah dan menarik.

Fungsi Photoshop untuk merekayasa gambar adalah dengan cara merubah tampilan ataupun menggabungkan gambar-gambar yang berbeda agar terlihat seperti gambar asli dan seringkali dapat menipu mata yang melihatnya.

Fungsi Photoshop untuk membuat desain gambar adalah dengan cara menciptakan objek baru seperti logo, spanduk, brosur, dan poster.


Kegunaan / fungsi adobe photoshop secara teknik
  1. Mengkombinasi 2 gambar atau lebih menjadi satu gambar baru.
  2. Menghilangkan atau menghapus objek pada suatu gambar.
  3. Memberi atau merubah warna
  4. Merubah ukuran gambar menjadi lebih kecil ataupun menjadi lebih besar
  5. Mempertajam warna dan kualitas gambar
  6. Membersihkan atau memperindah gambar
  7. Mengaburkan gambar agar terlihat samar-samar
  8. Meningkatkan intensitas cahaya gambar agar terlihat lebih terang.
  9. Memotong gambar

Di dalam aplikasi Photoshop ada beberapa bagian penting lain yang juga memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Bagian-bagian tersebut seperti menu, layer, tool, toolbox, dan lainnya. Berikut adalah beberapa bagian penting Photoshop beserta fungsinya :
  1. Layer : sebagai kanvas tempat mendesain gambar. Di dalam Photoshop kita bisa menggunakan layer lebih dari satu. Kelebihan dalam pemakaian banyak layer adalah setiap desain pada satu layer tidak akan mengganggu suatu desain pada layer lain. Dan semua desain pada layer-layer yang ada bisa dikombinasikan menjadi satu gambar.
  2. Tool : alat-alat yang digunakan untuk mendesain atau menyunting gambar.
  3. Menu : tempat utama dimana semua tool Photoshop berada. Menu inti yang ada di Photoshop : File, Edit, Image, Layer, Select, Filter, Analysis, 3D, View, Window, dan Help.
  4. Toolbox : tempat khusus yang menyediakan tool-tool penting agar lebih mudah dilihat dan dipakai.

Fungsi Dari Aplikasi Adobe Photoshop : Tool Toolbox Layer
Gambar menu, toolbox, dan layer

Di bawah ini adalah beberapa alat atau tool yang ada di toolbox Adobe Photoshop [gambar di atas] beserta fungsinya :
  1. Rectangular Marquee Tool : penyeleksi berbentuk kotak
  2. Lasso Tool : penyeleksi dengan bentuk bebas
  3. Crop Tool : pemotong area kanvas
  4. Patch Tool : penyeleksi area sekaligus penyalin gambar dari area lain
  5. Clone Stamp Tool : penyalin gambar dari area lain
  6. Eraser Tool : penghapus
  7. Blur Tool : pemberi efek buram atau samar-samar
  8. Move Tool : pemindah objek
  9. Magic Wand Tool : penyeleksi secara otomatis
  10. Eyedropper Tool : pengambil sampel warna
  11. Brush Tool : kuas untuk melukis
  12. History Brush Tool : pengembali desain terakhir di area dimana kuas diarahkan
  13. Paint Bucket Tool : pemberi warna secara penuh
  14. Burn Tool : pemberi efek gosong seperti efek telah terbakar
  15. Pen Tool : pendesain gambar layaknya gambar bertipe vektor
  16. Text Tool : pembuat objek tulisan
  17. Path Selection Tool : pemindah objek yang berupa path
  18. Rectangle Tool : pembuat objek berbentuk kotak
  19. Hand Tool : penggeser kanvas atau area desain
  20. Zoom Tool : mendekatkan dan menjauhkan pandangan terhadap kanvas

Aplikasi (software / program) buatan Adobe ini juga dapat berfungsi sebagai alat untuk memproduksi barang atau produk yang memerlukan ornamen gambar atau desain sebagai objek utama ataupun hanya sebagai pelengkap suatu produk.

Produk atau karya yang bisa dihasilkan oleh aplikasi Adobe Photoshop seperti :
  1. Logo (mendesain logo lebih disarankan menggunakan Illustrator)
  2. Selebaran / brosur
  3. Banner / spanduk
  4. Desain kaos
  5. Desain web
  6. Wallpaper
  7. Poster
  8. Foto                                
  9. sumber http://www.ardilas.com/2016/02/fungsi-dari-tool-toolbox-menu-layer-adobe-photoshop.html

Cara mengecrop objec ke gamabar lain pada photoshop



Cara mengecrop objec ke gamabar lain pada photoshop
Langkah pertama yang harus kita kerjakan adalam memilih gambar yang ingin kita tambah sebuah objec, dan memilih objec yang ingin di seleksi
Disini saya memilih gambar travel vector sebagai gambar dasar dan akan saya tambah dengan objec balon udara yang nantinga kita akan crop
Selanjutnya crop bagian gambar balon udara dengan menggunakan crop tool
Setelah mengcrop bagian balon udara selanjutnya drak gambar balon udara ke gambar travel vector
Setelah itu hilangkan teks travel vector dengan menggunakan rectangular maquue tool, dan pilih warna dasar dengan menggunakan eyedropper tool
Selanjutnya warnai text yang sudah di seleksi  dengan brush tool, maka ankan otomatis text akan hilang dam neyesuaikan dengan warna dasar. 
Langkah selanjutnya, posisiskan object balon udara di tempat yang tepat, setelah itu hilangkan bagian balon udara yang tidak diperlukan, dengam menggunakan megic wand tool 
Setelah terseleksi lalu tekan backspace pada keyboard
Maka hasilnya akan terlihat seperti dibawah

Cara menyeleksi gambar pada photoshop



Cara menyeleksi gambar pada photoshop
Pertemuan 1
Langkah pertama yang harus kita kerjakan adalah memilih gambar, untuk memilih gambar usahakan gambar yang kita pilih adalah gambar yang kontras dengan background gambar
Disini saya akan memilih gambar,  kita sebut saja gambar PR, yang saya ambil dari www.freepik.com
PR original
Dalam menyeleksi gambar di dalam photoshop banyak sekali tools yang di sediakan contoh megic wand tool, quick selection tool, laso tool, color range dan masih banyak lagi
Disini saya akan mencoba menyeleksi dengan color range tool caranya _ pilih select – pilih color range

Setelah memilih color range akan muncul tampilan kotak dialog seperti berikut
Setelah itu arahkan kursor ke dalam bagian gambar yang ingin di seleksi
Selanjutnya pilih ok
Dengan otomatis warna yang kita pilih akan otomatis terseleksi
PR Terseleksi

15 Cara Merawat Komputer/Laptop Supaya Tidak Cepat Rusak



15 Cara Merawat Komputer/Laptop Supaya Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Komputer/Laptop-Seiring berkembangnya jaman, kini komputer/laptop merupakan alat teknologi yang selalu melekat pada aktifitas manusia. Namun memiliki komputer/laptop terbagus bahkan termahal pun juga tidak cukup untuk menakar standart kekuatan kerja komputer. Sangat di sayangkan sekali apabila anda hanya bisa menggunakannya tapi tidak dapat merawat komputer dengan baik dan benar sehingga kerusakan biasa terjadi dan membuat proses kerja komputer menjadi tidak baik dan lamban atau bahkan rusak total dan tidak dapat lagi di gunakan. Banyak dari sebagian orang pengguna komputer tidak tahu bagaimana cara merawat komputer yang benar dan tepat. Bagi anda yang ingin tahu, berikut ada 15 cara merawat komputer/laptop supaya tidak cepat rusak.

Cara Merawat Komputer/Laptop

Cara pertama yaitu harus rutin membersihkan PC atau CPU komputer setiap 6 bulan sekali untuk mencegah terjadinya kerusakan dan menjaga kebersihan dari debu yang menumpuk serta temperature dan suhu dari komputer akan tetap terjaga. Cukup dengan menggunakan kuas cat atau sikat halus untuk membersihkan motherboard. Cara kedua yaitu di sarankan untuk tidak menggunakan internet di saat hujan lebat. Cara ketiga yaitu dengan mengaktifkan sistem restore pada komputer.
Cara keempat yaitu menon-aktifkan komputer/laptop dengan menggunakan shutdown dan tidak menon-aktifkan dengan cara lain. Cara kelima yaitu meng-uninstal aplikasi program yang tidak di gunakan agar terhindar dari kerusakan hardisk komputer/laptop. Cara keenam yaitu dengan mencermati ventilasi komputer dan juga pendingin komputer untuk menetralisir arus listrik yang akan membuat komponen elektronik komputer menjadi tahan lama. Cara ketujuh yaitu dengan menggunakan kabel ground. Pada ulasan mengenai 15 cara merawat komputer/laptop supaya tidak cepat rusak ini juga sangat bermanfaat untuk anda coba lakukan.
Cara kedelapan yaitu di sarankan untuk tidak menggunakan komputer/laptop di atas Kasur. Cara kesembilan yaitu di sarankan untuk tidak meletakkan benda apapun di atas laptop agar terhindar dari kerusakan LCD pada komputer/laptop. Cara kesepuluh yaitu tidak menggunakan komputer di saat sedang mengisi daya baterai agar terhindar dari menggembungnya baterai laptop. Cara kesebelas yaitu tidak meletakkan segala jenis benda cair atau minuman di dekat komputer/laptop. Cara keduabelas yaitu tidak menggunakan komputer/laptop pada ruang yang suhunya sangat panas untuk menghindari kerusakan komponen komponen yang ada pada komputer.
Cara ketiga belas yaitu dengan menjauhkan segala jenis benda magnet pada komputer/laptop. Cara yang ke empatbelas yaitu tidak menggunakan komputer/laptop hingga baterai kosong atau 0% untuk menghindari perpendekan usia baterai. Cara kelimabelas atau cara yang terakhir yaitu dengan mengatur tingkat cerah pada monitor agar tidak boros terhadap daya yang di gunakan pada saat melakukan pengoperasian komputer/laptop. Inilah 15 cara merawat komputer/laptop supaya tidak cepat rusak yang dapat anda ketahui dan dapat langsung anda praktekkan sendiri
sumber
http://themenetwork.net/15-cara-merawat-komputerlaptop-supaya-tidak-cepat-rusak/#