Minggu, 05 Juni 2016

CONTOH RANCANGAN APLIKASI UNTUK PENELITIAN ILMIAH



CONTOH RANCANGAN APLIKASI UNTUK PENELITIAN ILMIAH
3.3.      Rancangan Antarmuka
            Rancangan antarmuka atau interface merupakan bagian dari program yang berhubungan langsung dengan user. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan antar muka adalah tetap mengikuti rancangan peta navigasi, tujuannya agar tidak ada ketidakjelasan dalam pembuatan aplikasi.

3.3.1.   Halaman Rancangan Loading Pertama
            Halaman ini merupakan tampilan pertama dari aplikasi unsur senyawa dan campuran, Tampilan akan terlihat pada gambar dibawah ini.


 











Gambar 3.2. Tampilan Rancangan Loading Pertama

Keterangan:
1.      Loading           : Tulisan yang berupa animasi.
2.      Icon Loading  : Animasi berupa gambar yang bergerak.


3.3.2.   Halaman Rancangan Pengenalan aplikasi
            Halaman ini merupakan tampilan yang mengenalkan aplikasi kepada user, Tampilan akan terlihat pada gambar dibawah ini.


 












            Gambar 3.3. Tampilan Rancangan Pengenalan aplikasi

Keterangan:
1.      Text Pengenalan          : Terdapat informasi tentang aplikasi tersebut.
2.      Animasi Oxi                : Animasi yang dapat bergerak.
3.      Masuk                         : Tombol untuk menuju ke loading ke 2.






3.3.3.   Halaman Rancangan Menu Utama
            Halaman ini merupakan tampilan menu utama yang dimana terdapat beberapa menu yang dapat di pilih. Tampilan akan terlihat pada gambar dibawah ini.


 












            Gambar 3.4. Tampilan Rancangan Menu Utama

Keterangan:
1.    Unsur                      : Tombol yang dapat menampilkan penjelasan tentang  
                                    unsur.
2.    Senyawa                 : Tombol yang dapat menampilkan penjelasan tentang
                                    senyawa.
3.    Campuran               : Tombol yang dapat menampilkan penjelasan tentang
                                    Campuran.
4.    Kuis                        : Tombol untuk mengerjakan soal soal latihan.
5.    Tutorial                   : Tombol untuk melihat fungsi button.
6.    Profil Penulis          : Tombol yang dapat menampilkan profil penulis.
7.    Exit                         : Tombol untuk keluar dari aplikasi.

3.3.4.   Halaman Rancangan  Menu Unsur
            Halaman ini merupakan tampilan menu unsur disini terdapat penjelasan tentang unsur dan juga button contoh unsur. Tampilan akan terlihat pada gambar dibawah ini.


 













            Gambar 3.5. Tampilan Rancangan Menu Unsur

Keterangan
1.      Materi              : Berisikan penjelasan tentang Unsur.
2.      Home              : Tombol yang berfungsi untuk menuju ke menu utama.
3.      Contoh unsur  : Tombol yang dapat menampilkan contoh unsur.




3.3.5.   Halaman Rancangan Contoh Unsur
            Halaman ini merupakan tampilan contoh unsur disini terdapat berbagai macam unsur, dari unsur logam dan unsur non logam mesing masing memiliki 10 contoh. Tampilan akan terlihat pada gambar dibawah ini.


 












            Gambar 3.6. Tampilan Rancangan Contoh Unsur

Keterangan
1.      Unsur logam                : Berisikan macam macam unsur logam.
2.      Unsur nonlogam          : Berisikan macam macam unsur nonlogam.
3.      Home                          : Tombol yang berfungsi untuk menuju ke menu
                                      utama.
4.      Back                            : Tombol untuk kembali ke menu unsur.
5.      Unsur                          : Tombol yang dapat memberikan informasi tentang
                                      unsur tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar