Minggu, 05 Juni 2016

JENIS-JENIS BAHASA PEMROGRAMAN BERBASIS WEB

Mungkin bagi anda para pemula dalam dunia Web bertanya-tanya, "apa sih bahasa pemrograman?"
   Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh programer (orang yang membuat program) untuk membuat sebuah program yang dapat memberikan intruksi pada mesin atau komputer.

Lalu pemrograman berbasis web itu apa?
   Pemrograman berbasis web terdiri dari tiga kata yang memiliki arti masing-masing sebagai berikut:
Pemrograman = Proses membuat sebuah program komputer
Berbasis = Berdasarkan pada
Web = Halaman situs yang menampilkan berbagai informasi berbentuk teks, gambar, audio, video, dan animasi melaliu protokol tranfer hypertext.

   Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Pemrograman berbasis web adalah proses pembuatan sebuah program komputer yang berdasarkan pada halaman situs yang menampilkan berbagai informasi berbentuk teks, gambar, audio, video, dan animasi melalui protokol transfer hypertext.

Terdapat berbagai jenis bahasa programan berbasis web seperti berikut:
1. Bahasa Pemrograman HTML (HyperText Markup Language)
      HTML merupakan bahasa standar yang digunakan untuk membuat suatu dokumen atau halaman web, terdiri dari kode-kode singkat tertentu yang akan ditampilkan oleh web browser.
2. Bahasa Pemrograman JavaScript
      JavaScript adalah bahasa script yang dapat bekerja di sebagian besar browser. JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.  JavaScript pertama kali dikembangkan oleh  Brendan Eich. Walaupun namanya JavaScript namun bahasa pemrograman ini tidak ada hubungannya dengan bahasa pemrograman java. JavaScript dapat digunakan untuk membuat efek rollover baik gambar maupun teks dan yang paling utama untuk membuat AJAX.
3. Bahasa Pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor)
      PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penggunaan, pembuatan, dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML.
4. Bahasa Pemrograman ASP (Active Server Pages)
      ASP merupakan script yang bersifat server-side yang ditambahkan pada HTML untuk membuat situs web menjadi lebih menarik, dinamis dan efektif sehingga isi dari sebuah website dapat diprogram untuk mendapatkan hasil yang berbeda.
5. Bahasa Pemrograman XML (Extensible Markup Language)
      XML adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C, untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML didesain untuk menyimpan data secara ringkas sehingga menjadi lebih efisien dan mudah diatur.
6. Bahasa Pemrograman WML (Wireless Markup Language)
      WML adalah bahasa markup yang digunakan untuk mengimplementasikan WAP dokumen WML berbasis XML, dimana versinya mempunyai DPD dokumen type devinition. WML merupakan analog dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.
7. Bahasa Pemrograman CSS (Cascading Style Sheet)
      CSS merupakan aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemrograman. Sama halnya Microsfot Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file).
8. Bahasa Pemrograman AJAX (Asynchronous JavaScript And XML)
      AJAX adalah bahasa pemrograman yang membuat web lebih interaktif. Salah satu contoh web yang banyak menggunakan AJAX adalah Facebook. Dengan menggunakan AJAX web terlihat lebih dinamis karena tidak semua page terload.
sumber  http://mmswadhipa.blogspot.co.id/2015/07/jenis-jenis-bahasa-pemrograman-berbasis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar