Rabu, 10 April 2013

DINAMIKA PANCASILA



DINAMIKA PANCASILA
Pengamalan dari Pancasila pasti bisa terlihat jelas dari perbuatan setiap orang dalam sehari-hari. Maraknya pelanggaran hukum seperti korupsi menunjukkan kurangnya pengamalan seseorang terhadap Pancasila. Sudah menjadi rahasia umum dan sulit untuk dipungkiri bahwa banyak orang yang melakukan pengamalan Pancasila hanya saat dilihat orang dan saat berniat dan/atau sudah memiliki kekuasaan. Sudah sangat banyak integritas dari pejabat pemerintahan baik daerah maupun nasional yang diragukan.
Bentuk urgensi dari ideologi bagi suatu negara dapat dilihat dari fungsi ideologi itu sendiri. Ideologi membentuk identitas atau ciri kelompok atau bangsa yang mempersatukan orang-orang yang memiliki ideologi yang sama. Perbandingannya bahwa agama mempersatukan orang dari berbagai pandangan hidup bahkan dari berbagai ideologi. Sebaliknya ideologi mempersatukan orang dari berbagai agama. Jika membahas mengenai agaman adalah hal yang sangan riskan dengan konflik. Maka untuk mengatasi perpecahan itu ideologi bisa menjadi alat pemersatu. Indonesia memiliki Pancasila sebagai alat pemersatu Indonesia dari berbagai suku, agama, dan ras yang berbeda-beda. Berbeda-beda tetapi tetap satu dan satu bukan berarti harus melebur.
Pancasila suatu adalah dasar Negara indonesia yang sudah sangat amat  melekat pada diri Indonesia, dan Indonesia tidak bisa kehilang pancasila, karna isinya yang bermakna. Dari ketuhanan yang maha esa, masyarakat sudah membuktikan dengan berbeda agama, tapi tuhan di setiap agama hanya satu , dan sila pertama inilah sumber dari sila-sila selanjutnya. Dan di susul dengan kemanusiaan yang adil dan beradab sila ini juga tidak bisa di hilangkan karna jika dihilangkan manisia akan seenaknya tidak adil dan berprilaku semena-mena dan itu tidak ada hukumnya jika sila ini di hilangkan. Selanjutnya persatuan Indonesia sila ini juga sangat bergantung pada Indonesia dan bisa di katakana bineka tunggal ika yang artinya berbeda-beda tapi satu jua, Indonesia bisa bersatu dengan bahasanya.
                Dengan adanya pancasila rakyat Indonesia bisa bersatu , kecuali orang-orang yang tidak berfikir, dan hanya dengan emosi semata, memang harus di tanamkan sejak dini tantang pancasila itu sendiri, bahkan di setiap jenjang pendidikan harus di tanamkan rasa memiliki pancasila itu sendiri, di jenjang mahasiswa kita harus bisa memaklumi perbedaan yang ada tantang adanya pancasila, karna setahap mahasiswa bisa berfikir dengan dewasa, dengan kedewasaan itu mahasiswa bisa bersatu dengan mahasiswa lain yang berbeda pendapat tentang pencasila, kernanya dengan adanya perbedaan biasanya siapaun bisa berperang , dan itu tercantum pada pancasila, persatuan indonesia.
                Setuju dangan adanya pancasial, karna ke lima pancasila sangat berkaitan dengan kehidupan masyarakat Indonesia, terutama sila pertama ketuhanan yang maha esa, sila pertama ini sudah di junjung tinggi oleh masyarakat, dengan berbagai macam kegiatan keagamaan, dan itu membuat masyarakat Indonesia sangat menghargai agama yang satu dengan agama yang lain. Walaupun saat ini kegiatan keagamaan sudah mulai pudar, karna globalisasi.


                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar