1. Apa perbedaan pengaruh kekuasaan & wewenang ?
2. ada
berapa teknik-teknik pengambilan keputusan ? sebutkan!
3. apakah
unsur-unsur dalam komunikasi ?
Wewenang merupakan syaraf yang berfungsi
sebagai penggerak daripada kegiatan-kegiatan.wewenang yang ada pada diri
seseorang yang bersifat formal harus didukung pula dengan wewenang yang
bersifat informal, untuk mendapatkan kerjasama yang baik dengan bawahan.
Disamping itu juga wewenang juga tergantung pada kemampuan ilmu pengetahuan,
pengalaman dan kepemimpinan.Wewenang berfungsi untuk menjalankan
kegiatan-kegiatan yang ada dalam organisasi. Wewenang dapat diartikan sebagai
hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau
tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.
Sedangkan Kekuasaan adalah kewenangan
yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan
tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh
dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh atau kemampuan seseorang atau
kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan
keinginan dari pelaku (Miriam Budiardjo,2002) atau Kekuasaan merupakan
kemampuan memengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan
kehendak yang memengaruhi (Ramlan Surbakti,1992).
Dalam pembicaraan umum, kekuasaan dapat berarti kekuasaan golongan, kekuasaan raja, kekuasaan pejabat negara. Sehingga tidak salah bila dikatakan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang ada pada pemegang kekuasaan tersebut. Robert Mac Iver mengatakan bahwa Kekuasaan adalah kemampuan untuk mengendalikan tingkah laku orang lain baik secara langsung dengan jalan memberi perintah / dengan tidak langsung dengan jalan menggunakan semua alat dan cara yg tersedia. Kekuasaan biasanya berbentuk hubungan, ada yg memerintah dan ada yg diperintah.Manusia berlaku sebagau subjek sekaligus objek dari kekuasaan.Contohnya Presiden, ia membuat UU (subyek dari kekuasaan) tetapi juga harus tunduk pada UU (objek dari kekuasaan).
“Kekuasaan” didefinisikan sebagai “kemampuan untuk memengaruhi seseorang untuk melakukan sesuatu yang bila tidak dilakukan”, akan tetapi “Kewenangan” ini akan mengacu pada klaim legitimasi, pembenaran dan hak untuk melakukan kekuasaan. Sebagai contohmasyarakat boleh jadi memiliki kekuatan untuk menghukum para kriminal dengan hukuman mati tanpa sebuah peradilan sedangkan orang-orang yang beradab percaya pada aturan hukum dan perundangan-undangan dan menganggap bahwa hanya dalam suatu pengadilan yang menurut ketenttuan hukum yang dapat memiliki kewenangan untuk memerintahkan sebuah hukuman mati.
2. jawab
Kekuasaan bisa berpengaruh positif atau negative
tergantung yang memiliki kekuasaan tersebut.Sedangkan wewenang bila di jalankan
maka lebih berpengaruh positif di karenakan wewenang terbentuk dalam sebuah
aturan dan kesepakatan.
1.
Pareto Analysis (Analisis
Pareto)
Analisis
pareto merupakan teknik yang sederhana, yang membantu kita dalam memilih
perubahan tindakan yang akan kita ambil secara efektif. Analisis pareto
merupakan sebuah teknik pengambilan keputusan yang bertujuan untuk menemukan
perubahan yang akan memberikan manfaat terbesar bagi pengambil keputusan.
Teknik ini berguna dalam kondisi terdapatnya sejumlah alternatif solusi dan
tindakan yang memungkinkan yang dapat dipilih. Analisis pareto tidak hanya
memberikan gambaran pada kita tentang masalah yang paling penting untuk
diselesaikan, namun teknik tersebut juga memberikan sejumlah nilai yang
memperlihatkan seberapa besar atau parah masalah tersebut.
2.
Paired Comparison Analysis
(Analisis Perbandingan Sepasang)
Paired
Comparison Analysis membantu kita memecahkan masalah yang relatif lebih penting
daripada yang lainnya. Teknik ini berguna, ketika kita tidak mempunyai
data-data yang objektif mengenai masalah yang sedang kita hadapi.Analisis ini
memudahkan kita untuk memilih masalah yang paling penting untuk diselesaikan
atau memilih solusi yang memberikan keuntungan paling besar.
3.
Grid Analysis (Analisis
Jaringan)
Teknik
analisis ini membantu kita dalam menentukan keputusan atas beberapa pilihan
yang dihadapkan pada sejumlah faktor yang berbeda.
Analisis
Jaringan merupakan salah satu teknik perencanaan yang digunakan dalam
pendekatan riset operasional. Pemahaman yang baik model jaringan dalam suatu
masalah akan menentukan keberhasilan perencanaan dalam pemecahan masalah, baik
dalam penurunan modelnya maupun dalam memecahkan model masalahnya.
4.
Teknik Implikasi Plus-Minus
(Plus-Minus Implication, PMI)
Teknik
pengambilan keputusan ini membantu kita dlam menentukan keputusan atas beberapa
pilihan yang dihadapkan pada sejumlah faktor yang berbeda.
5.
Force Field Analysis
(Analisis Kekuatan Lapangan)
Analisa ini
merupakan suatu metode yang cukup efektif untuk melihat faktor-faktor apa saja
yang kiranya mendukung ataupun bertolak belakang dengan rencana yang kita
ambil. Apabila kita telah mengambil suatu keputusan, maka analisa ini bisa kita
gunakan untuk mengidentifikasi perubahan yang akan kita buat untuk mendapatkan
hasik yang lebih baik.
6.
Cost/Benefit Analysis ( Analisis biaya dan Manfaat)
Analisis ini
merupakan analisis yang cukup simpel. Seperti yang namanya, dalam menggunakan
analisis ini kita diminta untuk menjumlahkan semua nilai dari keuntungan yang
diperoleh kemudian menguranginya dengan biaya-biaya yang lain.
Komunikasi antar manusia hanya
bisa terjadi, jika ada seseorang yang menyampaikan pesan kepada orang lain
tujuan tertentu, artinya komunikasi hanya bisa terjadi kalau didukung oleh
adanya sumber, pesan, media, penerima, dan efek .unsur-unsur ini bisa juga
disebut komponen atau elemen komunikasi.
3. jawab
Sumber, Semua peristiwa komunikasi
akan melinatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim ineormasi. Dalam
komunikasi antarmanusia, sumber bisa terdiri dari satu orang, tetapi bisa juga
dalam bentuk kelompok misalnya partai, organisasi atau lembaga.Sumber sering
disebut pengirim, komunikator atau dalam bahasa Inggrisnya disebut source, sender, atau encoder.
Pesan, Pesan yang dimaksud dalam
proses komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima.
Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media komunikasi.
Isinya bisa berupa ilmu pengetahuan, hiburan, informasi, nasihat atau
propaganda. Dalam bahasa inggris pesan biasanya diterjemahkan dengan kata massage, content atau informasi (Hafied
Cangara, 2008;22-24).
Media, Media adalah alat sarana yang
digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.Ada
beberapa pakar psikologi memandang bahwa dalam komunikasi antarmanusia, media
yang paling dominan dalam berkomunikasi adalah pancaindra manusia seperti mata
dan teliga.Pesan-pesan yang diterima pancaindra selanjutnya diproses dalam
pikiran manusia untuk mengontrol dan menentukan sikapnya terhadap sesuatu,
sebelum dinyatakan dalam tindakan. Akan tetapi, media yang dimaksud dalam buku
ini, ialah media yang digolongan atas empat macam, yakni: Media antarpribadi, untuk hubungan perorang
(antarpribadi) media yang tepat digunakan ialah kurir /utusan, surat, dan
telpon. Media kelompok, Dalam aktivitasa
komunikasi yang melibatkan khlayak lebih dari 15 orang, maka media komunikasi
yang banyak digunakan adalah media kelompok, misalnya, rapat, seminar, dan
konperensi.Rapat biasanya digunakan untuk membicarakan hal-hal penting yang
dihadapi oleh suatu organisasi.Seminar adalah media komunikasi kelompok yang
biasa dihadiri 150 orang.Konferensi adalah media komunikasi yang dihadiri oleh
anggota dan pengurus dari organisasi tertentu.Ada juga orang dari luar
organisasi, tapi biasanya dalam status peninjau.Media publik, kalau
khalayak lebih dari 200-an orang, maka media komunikasi yang digunakan biasanya
disebut media publik. Misalnya rapat akbar, rapat raksasa dan semacamnya. Media massa, jika khalayak tersebar tanpa diketahui di
mana mereka berada, maka biasanya digunakan media massa. Media massa adalah
alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak (penerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis
seperti surat kabar, film, radio, dan televisi (Hafied Cangara, 2008;123-126).
Penerima, Penerima adalah pihak
yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima bisa
terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelempok, partai atau
negara.Penerima biasa disebut dengan berbagai macam istilah, seperti khalayak,
sasaran, komunikan, atau dalam bahasa Inggris disebut audience ataureceiver. Dalam proses komunikasi
telah dipahami bahwa keberadaan penerima adalah akibat karena adanya sumber.
Tidak adanya penerima jika tidak ada sumber. Penerima adalah elemen penting
dalam proses komunikasi, karena dialah yang menjadi sasaran dari komunikasi.
Jika suatu pesan tidak diterima oleh penerima, akan menimbulkan berbagai macam
masalah yang sering kali menuntut perubahan, apakah pada sumber, pesan, atau
saluran.
Pengaruh atau efek, Pengaruh atau efek adalah
perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima
sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh ini biisa terjadi pada
pengetahuan, sikap dan tingkah laku seseorang. Oleh karena itu, pengaruh bisa
juga diartikan perubahan atau pengetahuan, sikap, dan tindakan seseorang
sebagai akibat penerimaan pesan (Hafied Cangara, 2008;22-27).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar